Panduan Cara Memulai Belajar Ngeblog dari Nol sampai Berhasil

Panduan Cara Memulai Belajar Ngeblog dari Nol sampai Berhasil


Pediabiz. Oke, pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mulai belajar ngeblog dari nol.

Siapa sih yang nggk pengen jadi blogger sukses? Terus bisa hidup mandiri,  punya uang banyak dll.  Kalo saya sih pengen! Kalo kamu gimana? 

He he ! Wajar ya, namanya juga manusia pengennya yang enak, Tapi menjadi seorang penulis di blogger sampai sukses apakah itu mudah?  

Ternyata susah lo! Nggak segampang itu!

Jadi blogger itu Butuh banyak perjuangan, harus banyak belajar, menguras waktu, belum lagi kuotanya yang harus di beli. 

Ets...namun jangan berkecil hati, ilmu itu bisa di pelajari kok, semua orang itu bisa, asal ada kemauan belajar.

Seperti aku belajar menyayangimu...haha!

Oke, kita kesampingkan itu dulu, pada laman blog ini saya sudah menulis step by step cara memulai ngeblog, secara terstruktur dan mudah di pahami.

Sudah siap? Yuk kita kemon!!

Persiapan diri memulai ngeblog

persiapan yang bagus mencerminkan masa depan yang bagus pula, ayo siapkan dari sekarang

1. Mempersiapkan peralatan perang untuk ngeblog.

Tidak bisa dipungkiri, untuk memulai belajar ngeblog kamu juga memerlukan alat yang mendukung, misal WiFi, kuota internet, komputer, laptop, hp, atau gadget lainnya. baca selengkapnya

Peralatan Yang Harus di Siapkan Buat Belajar Ngeblog >> 

2. Mempersiapkan waktu untuk belajar ngeblog

Sebenarnya tidak ada patokan waktu untuk belajar ngeblog. Namun, dengan mengatur waktu dengan baik dapat menghasilkan hasil yang baik pula.

Ingat, belajar ngeblog perlu waktu, mulai dari membuat blog, menulis, belajar hal hal baru dan masih banyak lagi. baca selengkapnya

Bagaimana Mengatur Waktu untuk Belajar Ngeblog >>

3. Siapkan topik untuk blog kamu

Tidak ada aturan mengenai topik yang mesti kamu bahas, kamu bisa memilih apapun jenis topiknya. Mulai dari teknologi, otomotif, blogging dll. alangkah baiknya kamu memilih satu topik yang kemudian fokuslah pada topik tersebut, bebas kok apa aja topiknya asal jangan melanggar aturan ya!! baca selengkapnya

Cara Memilih Topik Blog yang Tepat untuk Kamu >>

4. Persiapkan tujuan mengapa kamu ngeblog

Langkah ini termasuk yang paling penting yang harus disiapkan, dengan kamu menentukan tujuan sebelum lanjut ngeblog, kamu bisa mengetahui gambaran bagaimana blog kamu akan berkembang, mengapa harus berkembang? Dan bagaimana caranya?.

Apa tujuan kamu ngeblog? Menyalurkan hobi, mengasah kemampuan menulis, berbagi informasi, atau mendapatkan uang dari blog.

Hal ini harus kamu tuliskan sebelum kamu memutuskan terjun ke dunia blogger. 

Kalo saya sendiri sih tujuannya berbagi informasi, tapi syukur-syukur dapat cuan juga hehe!

motivasi

  " semangat ngeblognya ya! Kalo udah dimulai berarti harus di selesain" ( jadi blogger)

Belajar ngeblog di blogger.com

Kita sudah melewati pembahasan persiapan awal untuk memulai ngeblog, selanjutnya mari kita dalami belajar ngeblog di platform blogger.com.

A. Apa itu blog dan website?

Materi dalam postingan ini kita akan membahas mengenai  blog dan website sehingga, ini akan menjadi bekal pembelajaran untuk kedepannya.

B. Memahami perbedaan blog dan website

Selanjutnya, yaitu memahami perbedaan dari istilah blog dan website. Mungkin saja, kamu bingung kemudian bertanya-tanya apakah blog dan website itu sama? Tentu berbeda.

Nah, Pemahaman ini bertujuan agar kamu bisa menentukan/memilih akan membuat blog atau sebuah website, Baca selengkapnya di postingan ini.

C. Memilih platform blogger untuk ngeblog

1. Keunggulan yang dimiliki platform blogger 

Blogger tidak hanya sebuah platform yang populer dan terkenal (setelah wordpress), namun juga memiliki beberapa keunggulan yang baik sehingga cocok untuk belajar ngeblog.

Pada postingan ini kita akan sama-sama mengetahui keunggulan yang dimiliki oleh blogger.

2. Mengapa memilih blogger?

Jawabannya simple, yaitu karena terdapat beberapa keunggulan seperti pada artikel diatas.

D. Membuat blog di platform blogger     

Disini kamu akan di ajak praktek bagaimana cara membuat blog di blogger dan di sertai gambar, agar kamu lebih mudah untuk di memahami dan mengikutinya.

E. Mengetahui fungsi menu menu di blogger

Setelah kamu berhasil membuat blog, selanjutnya yaitu memahami fungsi dari menu-menu yang ada di blogger, simak selengkapnya pada postingan ini.

F. Cara men-setting judul, deskripsi dan lain lain dengan benar

Bingung apa yang harus di setting saat baru saja membuat blog? Nah, pada postingan ini menjelaskan settingan dasar mulai dari judul, deskripsi dan menu lainnya.

G. Praktek menulis dan memposting diblogger

Dalam postingan ini, kamu akan belajar mengenal fungsi menu toolbar, sehingga kamu bisa menulis dan memanfaatkannya dengan baik. Selain itu memahami mode penulisan dan setting postingan.

H. Meng-upload gambar di postingan

Bagaimana cara menguploadnya gambar di postingan? Nah pada postingan ini kamu akan di pandu caranya, kemudian memahami fungsi pada menu gambar, lalu cara mengatur letak gambar.

I. Menambahkan link pada artikel

Belum tahu apa itu link?, cara menambahkan link di artikel postingan, lalu menambahkan link digambar. Baca selengkapnya untuk penjelasan detailnya.

H. Mendalami menu tata letak 

postingan selanjutnya kamu akan belajar mendalami apa itu tata letak?, fungsi dari tata letak dan menambahkan widget di tata letak, baca selengkapnya pada postingan ini.

I. Memahami menu Thema/ tema

postingan ini menjelaskan tentang sub menu backup, pulihkan, edit html, kemudian Memahami fungsi dari menu "sesuaikan" merubah warna font dll

Oke, kita telah melewati tahap kedua. Apa kamu yakin sudah cukup di sini saja ? Jawabnya Tentu tidak bukan? 

Selanjutnya kita akan belajar SEO dasar, apa kamu sudah siap? Kalo udah, Yuk kita kemon!!

Belajar SEO dasar untuk pemula

Setelah kamu melewati tahap kedua mari kita sama-sama masuk ketahap ketiga, yaitu belajar SEO dasar.

Disini kamu akan mempelajari bagaimana para blogger berpengalaman menjalankan blognya untuk meningkatkan pengunjung dari pencarian google.

Memang tidak ada cara pasti yang disampaikan oleh google mengenai bagaimana mereka mengambil halaman halaman relevan untuk mesin pencari mereka.

Namun, cara ini bisa dibilang cukup efektif meningkatkan pengunjung dari mesin pencari dan terlebih lagi sudah dibuktikan oleh blogger blogger hebat.

Yuk belajar SEO dasar >>

Belajar menggunakan monetisasi (adsense)

Selain menyalurkan hoby menulis, kita bisa mendapatkan uang dari menulis, nah pada artikel ini saya akan membahas bagaimana mendapatkan uang dari blog khususnya dari adsense.

Yuk belajar ads Adsense >>   

Akhir pembahasan

Tutorial diatas adalah untuk seorang blogger pemula, jadi jika dirasa sudah paham kamu bisa langsung skip menuju pembahasan tingkat lanjut.

Beberapa tautan belum saya tambahkan yang artinya masih didalam tahap penulisan (sedang dibuat) harap bersabar menunggu post selanjutnya.

Hampir 80 persen orang sukses itu pernah mengalami kegagalan, jadi jangan merasa kegagalan adalah usaha yang sia-sia, justru itulah pengalaman yang mendorong kamu lebih baik dari sebelumnya.

Semangat ngeblog!

Note: artikel ini masih tetap akan di-update sampai pesan note ini dihilangkan.

Bagikan: